(RPP) Permainan Softball

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator
1. Melakukan teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Siswa dapat bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan.

B. Materi Pembelajaran
Permainan Softball
1. Teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)


D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 dan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan softball
• Pemanasan khusus softball dalam bentuk permainan





2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
• Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
• Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 3
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan softball

2. Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan softball yang terdiri dari :
• Uji kompetensi melempar dan menangkap bola softball
• Uji kompetensi memukul bola softball
• Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Glove atau sejenisnya
• Bola softball
• Stik/pemukul softball
• Lapangan permainan softball atau lapangan sejenisnya
• Peluit


2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan softball

• Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar permainan softball
o Rekaman/cuplikan pertandingan softball




F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal


b. Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan softball dengan metode resiprokal:

Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Sebutkan macam-macam teknik permainan softball!
2. Jelaskan cara memegang bola permainan softball!
3. Jelaskan cara melempar bola permainan softball!
4. Jelaskan cara menangkap bola permainan softball!
5. Jelaskan cara bermain softball!

2. Rekapitulasi Penilaian

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60

Mengetahui,
Kepala Sekolah Berau,
Guru Mata Pelajaran


Muslizar, S.Pd
Nip. 19670707 199403 1006


Hery susanto, S.Pd
Nip. 19810405 200604 2021

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jangan lupa komen ya,,,