(RPP) Permainan Bolavoli


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah               : SMA
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kelas/Semester             : X / 1
Pertemuan                    : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu               : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   
1.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1.   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator                     
1.             Melakukan latihan teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
3.             Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.

A.          Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat melakukan latihan teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.       Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
3.       Siswa dapat bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.

B.          Materi Pembelajaran
         Permainan Bolavoli
1.       Teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.       Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
3.       Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C.          Metode Pembelajaran
1.       Demontrasi
2.       Inclusive (cakupan)
3.       Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.       Permainan (game)
5.       Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

D.          Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·   Pemanasan secara umum
·   Berlari mengelilingi lapangan bolavoli
·   Pemanasan khusus bolavoli dalam bentuk permainan

2. Kegiatan Inti (60 menit)
·         Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan latihan teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
·         Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
·         Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

Pertemuan 4
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·         Pemanasan secara umum
·         Berlari mengelilingi lapangan bolavoli

2. Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan bolavoli yang terdiri dari :
·         Uji kompetensi passing permainan bolavoli
·         Uji kompetensi servis permainan bolavoli
·         Uji kompetensi smash tanpa awalan permainan bolavoli
·         Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

E.           Alat dan Sumber Belajar
1.       Alat Pembelajaran :
·         Bola voli atau sejenisnya
·         Lapangan permainan bolavoli atau lapangan sejenisnya
·         Net/jaring bolavoli
·         Peluit

2.       Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan bolavoli
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan bolavoli
o   Rekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (liga bolavoli)



F.           Penilaian
1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar passing, servis dan smash, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

b.            Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolavoli dengan metode resiprokal :

                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal


      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam teknik permainan bolavoli!
2.
Jelaskan tujuan permainan bolavoli!
3.
Jelaskan cara melakukan passing bawah permainan bolavoli!
4.
Jelaskan cara melakukan passing atas permainan bolavoli!
5.
Jelaskan cara melakukan servis atas permainan bolavoli!

2.             Rekapitulasi Penilaian

                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%


Mengetahui,
Kepala Sekolah
Berau,
Guru Mata Pelajaran




Muslizar, S.Pd
                 Nip. 19670707 199403 1006





Hery susanto, S.Pd
Nip. 19810405 200604 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen ya,,,