(RPP) Atletik (Lompat jauh)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah               : SMA
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester             : X / 1
Pertemuan                    : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu               : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   
1.  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator
1.             Melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.             Perlombaan atletik lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai disiplin, semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.       Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.       Siswa dapat melakukan perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

B.       Materi Pembelajaran
         Atletik (Lompat jauh)
1.       Teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.       Variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.       Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C.      Metode Pembelajaran
1.       Demontrasi
2.       Inclusive (cakupan)
3.       Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.       Permainan (game)
5.       Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

D.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·   Pemanasan secara umum
·   Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
·   Pemanasan khusus lompat jauh dalam bentuk permainan





2. Kegiatan Inti (60 menit)
·         Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·         Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik (perorangan maupun berkelompok).
·         Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

Pertemuan 2
1.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·   Pemanasan secara umum
·   Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya

2.    Kegiatan Inti (70 menit)
·         Uji kompetensi lompat jauh

3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa  

E.       Alat dan Sumber Belajar
1.       Alat Pembelajaran :
·         Lintasan lompat jauh
·         Bak lompat jauh
·         Kapur
·         Bendera
·         Peluit

2.       Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku atletik
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar atletik
o   Rekaman/cuplikan perlombaan lompat jauh

F.       Penilaian
1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar lompat jauh, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan jauhnya melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal
b.            Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar lompat jauh dengan metode resiprokal :

                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam gaya lompat jauh!
2.
Jelaskan cara melakukan awalan lompat jauh!
3.
Jelaskan cara melakukan tumpuan lompat jauh!
4.
Jelaskan cara melakukan melayang di udara lompat jauh!
5.
Jelaskan cara melakukan mendarat lompat jauh!

2.             Rekapitulasi Penilaian

                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%
    Mengetahui,
    Kepala Sekolah
    Berau,
    Guru Mata Pelajaran




    Muslizar, S.Pd
                     Nip. 19670707 199403 1006





    Hery susanto, S.Pd
    Nip. 19810405 200604 2021




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jangan lupa komen ya,,,