RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah               : SMA
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kelas/Semester             : X / 1
Pertemuan                    : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu               : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   
1.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1.   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator                     
1.             Melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
3.             Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.

A.           Tujuan Pembelajaran
1.             Siswa dapat melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.             Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
3.             Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.

B.            Materi Pembelajaran  
         Permainan Sepakbola
1.             Teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.             Latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
3.             Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C.            Metode Pembelajaran
1.             Demontrasi
2.             Inclusive (cakupan)
3.             Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.             Permainan (game)
5.             Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)





D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·         Pemanasan secara umum
·         Berlari mengelilingi lapangan sepakbola
·         Pemanasan khusus sepakbola dalam bentuk permainan
2. Kegiatan Inti (60 menit)
    • Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).


3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

Pertemuan 4
1.             Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·         Pemanasan secara umum
·         Berlari mengelilingi lapangan sepakbola

2. Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan sepakbola yang terdiri dari :
·         Uji kompetensi menendang dan mengontrol bolasepak
·         Uji kompetensi menggiring bolasepak
·         Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola




3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa

E.             Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
·         Bola sepak atau sejenisnya
·         Lapangan permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
·         Tiang gawang
·         Tiang pancang atau sejenisnya
·         Peluit





2. Sumber Pembelajaran
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan sepakbola
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan sepakbola
o   Rekaman/cuplikan pertandingan sepakbola (liga sepakbola)

F.             Penilaian
1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

b.            Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola  dengan metode resiprokal :

                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal


      Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan teknik-teknik menendang bola permainan sepakbola!
2.
Jelaskan yang dimaksuk dengan off-side permainan sepakbola!
3.
Jelaskan cara melakukan menendang bola!
4.
Jelaskan cara melakukan menggiring bola!
5.
Jelaskan cara melakukan menggiring, mengontrol dan mengumpan bola!












2.             Rekapitulasi Penilaian


                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%


    Mengetahui,
    Kepala Sekolah


    Berau,
    Guru Mata Pelajaran




    Muslizar, S.Pd
                     Nip. 19670707 199403 1006





    Hery susanto, S.Pd
    Nip. 19810405 200604 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen ya,,,