(RPP) Pencak Silat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah               : SMA
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester             : X / 1
Pertemuan                    : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu               : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   
1.  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.4.   Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga beladiri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator
1.             Melakukan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.             Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan.


A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat melakukan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.       Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.       Siswa dapat melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan.

B.       Materi Pembelajaran
         Pencak Silat
1.       Teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.       Variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.       Pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan.

C.      Metode Pembelajaran
1.       Demontrasi
2.       Inclusive (cakupan)
3.       Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.       Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)


D.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·   Pemanasan secara umum
·   Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah
·   Pemanasan khusus pencak silat dalam bentuk permainan

2. Kegiatan Inti (60 menit)
·         Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi (lamanya bertanding, ukuran berat badan, dll).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

Pertemuan 2
1.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·   Pemanasan secara umum
·   Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah

2.    Kegiatan Inti (70 menit)
·         Uji kompetensi teknik dasar pukulan pencak silat
·         Uji kompetensi teknik dasar tendangan pencak silat
·         Uji kompetensi teknik dasar tangkisan dan elakan pencak silat
·         Uji kompetensi pertandingan pencak silat

3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

E.       Alat dan Sumber Belajar
1.       Alat Pembelajaran :
·         Ruangan atau halaman sekolah
·         Arena pencak silat
·         Goong
·         Peluit

2.       Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku pencak silat
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar pencak silat
o   Rekaman/cuplikan pencak silat

F.       Penilaian
1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan dan elakan), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses).

                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

b.            Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar pencak silat dengan metode resiprokal :

                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal


      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Jelaskan hakekat pencak silat!
2.
Jelaskan cara mlekaukan sikap kuda-kuda dalam pencak silat!
3.
Jelaskan cara melangkah dalam pencak silat!
4.
Jelaskan cara melakukan pukulan dalam pencak silat!
5.
Jelaskan cara melakukan tendangan dalam pencak silat!

2.             Rekapitulasi Penilaian

                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%


    Mengetahui,
    Kepala Sekolah


    Berau,
    Guru Mata Pelajaran




    Muslizar, S.Pd
                     Nip. 19670707 199403 1006





    Hery susanto, S.Pd
    Nip. 19810405 200604 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen ya,,,