(RPP) Permainan Bolabasket


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah               : SMA
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, dan Kesehatan
Kelas/Semester             : X / 1
Pertemuan                    : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu               : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   
1.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1.   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator                     
1.             Melakukan latihan teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.             Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.

A.            Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat melakukan latihan teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.       Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.       Siswa dapat bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.

B.            Materi Pembelajaran
         Permainan Bolabasket
1.       Teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.       Variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.       Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C.            Metode Pembelajaran
1.       Demontrasi
2.       Inclusive (cakupan)
3.       Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.       Permainan (game)
5.       Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)


D.            Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·   Pemanasan secara umum
·   Berlari mengelilingi lapangan bolabasket
·   Pemanasan khusus bolabasket dalam bentuk permainan

2. Kegiatan Inti (60 menit)
·         Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·         Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

Pertemuan 4
1.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·   Pemanasan secara umum
·   Berlari mengelilingi lapangan bolabasket

2.    Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan bolabasket yang terdiri dari :
·         Uji kompetensi melempar dan menangkap bolabasket
·         Uji kompetensi menggiring bolabasket
·         Uji kompetensi menembak bolabasket ke ring
·         Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket

3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

E.             Alat dan Sumber Belajar
1.       Alat Pembelajaran :
·         Bola basket atau sejenisnya
·         Lapangan permainan bolabasket atau lapangan sejenisnya
·         Ring basket
·         Peluit

2.       Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan bolabasket
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan bolabasket
o   Rekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (Liga bolabasket)





F.             Penilaian
1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

b.            Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolabasket dengan metode resiprokal :

                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal


      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam teknik permainan bolabasket!
2.
Jelaskan cara melempar bola permainan bolabasket!
3.
Jelaskan cara menangkap bola permainan bolabasket!
4.
Jelaskan cara menggiring bola permainan bolabasket!
5.
Jelaskan cara bermain bolabasket!

2.             Rekapitulasi Penilaian
                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%


Mengetahui,
Kepala Sekolah
Berau,
Guru Mata Pelajaran




Muslizar, S.Pd
                 Nip. 19670707 199403 1006





Hery susanto, S.Pd
Nip. 19810405 200604 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen ya,,,