RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : X/I
Pertemuan Ke               : 3
Alokasi Waktu             : 15 Menit
Standar Kompetensi   : Mempraktikan berbagai tehnik tehnik dasar permainan dan olahraga dan nilai nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi dasar       : Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan baik serta nnilai kerjasama, toleransi, perccaya diri, keberanian dan menghargai lawan
Materi pokok               : Hoky dengan modifiksi bola karet
Indikator                     : Siswa dapat melakukan tehnik passing Hoky dengan benar di dalam
olahraga permainan Hoky
Jumlah siswa               : ± 30 Siswa
  1. Langkah-langkah pembelajaran :
Uraian Kegiatan
Gambar
Alokasi Waktu
Metode
  1. A. Pendahuluan
-    Menyiapkan sarana dan prasarana agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar.
-    Peserta didik terlebih dahulu dikondisikan sesuai dengan jumlah yang ada, selanjutnya dibariskan, lalu dipimpin doa, dan presensi, dilanjutkan pemanasan.
-    Pemanasan dengan pendekatan kearah materi inti, yakni dengan melakukan lempar tangkap bola kepada teman secara bergantian, tapi jika bolanya tidak mencukupi dilakukan dengan stretching.
  1. B. Kegiatan Inti
-    Membariskan siswa menjadi 2/4 kelompok dan mencari pasangan dibelakangnya.
-    Memberi contoh gerakan penangkapan bola dari berbagai arah.
-    Latihan menangkap dan menerima bola.
-    Siswa berdiri di depan gawang lalu deberi lemparan lurus kearah muka, lalu ke kanan dan kiri secara bergantian.
-    Siswa duduk di depan gawang kemudian diberi lemparan bola di atas kepalanya setinggi 1 meter dan siswa berusaha menangkapnya.
-    Siswa melemparkan bola ke tembok, kemudian mencoba menangkap kembali pantulan bolanya.
-    Siswa berdiri terbalik dari gawang, kemudian diberi lemparan pantulan  dan siswa harus berusaha untuk menangkapnya.
-    Siswa berdiri di depan gawang, lalu diberi lemparan kearah samping kanan dan kiri bawah, dan siswa berusaha menghalaunya dengan kaki.
  1. C. Penutup
-    Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, kemudian disiapkan dan berdo’a lalu dibubarkan dengan tertib.
X X X X X X X X X X
X X X X X X X X X X
G
X X X X X X X X X X
X X X X X X X X X X
G
3 Menit
15 Menit
2 Menit
  1. Media / Alat
    1. Buku/ Sumber : Hari A. Rachman dan Ermawan Susnto. 2003. Bola tangan sebuah pengantar
dalam pembelajaran. FIK UNY.
  1. Alat              : Bola modifikasi , lapangan, peluit, cone, jam tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen ya,,,